Guru Sebagai Tiang Kemajuan Bangsa

    Guru Sebagai Tiang Kemajuan Bangsa

    Narasumber: MUNJIN SULAEMAN (Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Pakuan Periode 2021-2022) 

    KABUPATEN BOGOR, - Tidak dapat di elakan kembali bahwa kemajuan sebuah bangsa dan negara dilihat dari segi sumber daya manusianya. Sudah banyak contoh beberapa negara yang menjadikan pendidikan sebagai landasan utama mereka untuk memajukan bangsa dan, pada saat ini mereka menikmati dari bagaimana mereka memprioritaskan pendidikan.

    Lalu bagaiamana dengan Indonesia? Pemerintah Indonesia pada saat ini mengclaim bahwa terus berkomitmen untuk menjaga anggaran pendidikan sebesar 20?ri anggaran belanja negara dalam APBN 2023. Anggaran pendidikan tahun 2023 bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing. Tugas kita sebagai masyarakat adalah untuk mengawal terus jangan sampai yang di lontarkan dan dilaksanakan pemerintah salah sasaran.

    Selain itu juga, pemerintah Indonesia harus tetap terus memperhatikan nasib guru pada saat ini. Mengapa demikian, senada dengan yang dilontarkan Presiden “Kian ke depan, tantangan kian berat. Hanya dengan pendidikan yang baik, anak-anak kita akan siap memasuki masa depan dengan kompetisi yang sengit. Para guru menjadi tumpuan kita untuk mempersiapkan dan menempa anak-anak bangsa menghadapi tantangan dan mewujudkan harapan kita.”

    Menurut hemat saya, jika kita melihat sumber daya manusia Indonesia pada saat ini sangat melimpah ruah. Namun yang menjadi kritisan saya pada saat ini, sumber daya manusia Indonesia sekarang belum mampu untuk menempati dan mengisi bidang-bidang yang seharusnya, atau bahkan minimal sesuai jurusannya.

    Tentu karena hal itulah kita semua harus sama-sama mulai peduli terhadap pendidikan saat ini. Pemerintah harus memperhatikan bagaimana nasib guru-guru kita. Jangan sampai banyak guru yang menderita dengan pekerjaannya. Pemerintah harus menyelesaikan segala permasalahanya termasuk mengenai pengangkatan guru honorer dan menjamin semua hak guru.

    Selain itu, gurupun harus berkomitmen untuk menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang siap bersaing dengan asing, Jangan sampai seperti yang saya sampaikan di atas bahwa sumber daya manusia nya melimpah ruah namun tidak berkualitas. Disinilah komitmen guru yang harus sama-sama kita perhatikan untuk menciptakan sumber daya manusia yang dapat merambah dan menyelesaikan segala persoalan di kemudian hari.

    Guru harus mampu menciptakan kualifikasi yang sesuai kepada didikannya, karena dengan hal itulah niscaya yang dihasilkan oleh pendidikan guru-guru kita akan mampu untuk bersaing dan menjawab tantangan jaman. (***)

    kabupaten bogor
    Lukman Hakim

    Lukman Hakim

    Artikel Sebelumnya

    Kongres Pemda Se-Asia Timur Usai, Delegasi...

    Artikel Berikutnya

    Kerja Dengan Kondisi Intensitas Hujan Tinggi...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Bhabinkamtibmas Polsek Cipatujah Laksanakan Sambang Silaturahmi kepada warga Binaanya
    Antisipasi Kejahatan Malam Hari Polsek Cibalong Laksanakan Patroli Blue Light
    Antisipasi Kejahatan Malam Hari Polsek Cikalong Laksanakan Patroli Blue Light
    Polres Karawang, Antisipasi Gukantibmas Malam Patroli Połsek Cikampek Sasar Bawah Fly Over Cikampek 
    Polres Karawang, Patroli Dialogis Polsek Cikampek DDS Warga Ciluwek 

    Ikuti Kami